Kamis, 08 April 2010





Program Study Teknik Listrik

Visi
Penyelenggara pendidikan profesional terkemuka, berkualitas, inovatif dalam ilmu teknik listrik dan teknologi ketenagalistrikan yang mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global dan turut memajukan kehidupan masyarakat dan budaya bangsa yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Misi
Menghasilkan lulusan berkualitas yang professional, berdisiplin, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) serta mengembangkan diri dalam penghadapi tuntutan kemajuan di bidang kelistrikan.
Mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta menghasilkan penelitian terapan di bidang teknik listrik yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan produktif untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Mengembangkan Politeknik Negeri Sriwijaya yang berorientasi pada kualitas, profesionalisme dan keterbukaan serta mampu menghadapi persaingan global.

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan tenaga pengelola tingkat menengah memiliki kompetensi mampu mengembangkan diri sebagai insan berkepribadian Indonesia, menerapkan dalam kehidupan berprofesi, memahami dasar-dasar ilmu listrik, melaksanakan pekerjaan perencanaan dan pemasangan instalasi listrik, berinofasi, berkarya, memahami kaidah-kaidah system ketenagakerjaan, beretika, tanggap terhadap perkembangan industri dan kemajuan teknologi dibidang ke listrikan.

Profil Lulusan
Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan program pendidikan di Program Studi Teknik Listrik berhak menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) dengan kemampuan akademik di bidang teknik listrik. Lulusan Program Studi Teknik Listrik dapat memenuhi standar penilaian pasar kerja karena setelah menempuh pendidikan selama 6 (enam) semester disamping telah mendapatkan kompetensi di bidang teknik listrik juga mampu mengaplikasikan komputer untuk sistem kendali listrik secara terprogram, memahami penggunaan instrumen ukur dan sistem elektronik untuk pengaturan dan monitoring proses di industri, berkomunikasi dalam bahasa Inggris, berwirausaha dan mengelola usaha pekerjaan jasa listrik. Setelah menyelesaikan pendidikan, lulusan Program Studi Teknik Listrik mampu ditempatkan sebagai tenaga perancang, perencana, teknisi, penyelia (foreman), pengawas (supervisor), ahli teknik (enginer) listrik dan mampu berwirausaha serta bekerja hampir di seluruh sektor lapangan kerja. Lulusan Program Studi Teknik Listrik dapat juga melanjutkan studi ke strata 1 (S1) atau diploma IV (DIV) dengan mudah karena kurikulum yang dirancang juga diselaraskan dengan kurikulum ke jenjang yang lebih tinggi.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama

Mampu merancang dan memasang instalasi listrik sesuai dengan standard.
Mampu mengoperasikan peralatan dan sistem listrik.
Mampu merencanakan perkiraan biaya dan spesifikasi peralatan instalasi listrik.
Mampu merancang dan memasang sistem kendali listrik secara manual dan otomatis.
Mampu memelihara dan memperbaiki peralatan dan sistem listrik.
Mampu memahami kaidah-kaidah dasar dan standarisasi teknik listrik dan sistem ketenagakerjaan.

Kompetensi Pendukung
Mampu mengaplikasikan komputer untuk sistem kendali listrik secara terprogram.
Mampu memahami penggunaan instrumen ukur dan sistem elektronik untuk pengaturan dan monitoring proses di industri.
Mampu berkomunikasi secara internasional khususnya dalam bahasa Inggris.
Mampu berwirausaha dan mengelola usaha pekerjaan jasa listrik.

Kompetensi Lainnya
Mampu berkarya
Mampu memimpin dalam kehidupan masyarakat



With Mr. Kasmir Odum

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com